轉傳| atki vokal – 香港印尼移工協會月刊 – 發聲

有朋友terry narcissan 透過google translate 及對印尼移工了解, 翻譯了 atki 的月刊 “發
聲" 的主題文章,
亦附上香港印尼領事館的相關法例通知。
雖然唔可能十足亦不可能完全代表她們, 但亦應可作基本了解及參考.
希望可讓更多關心的朋友了解她們的狀況及聲音。
歡迎轉傳及關注.

 

Kepmen 98/2012 penurunan biaya agen, Madu dan racun bagi BMI
Decree 98/2012 cost reduction agents, Honey and toxins for BMI
2012年98號法令︰中介費下調,給印尼移工的糖衣毒藥

Benarkah Biaya agen di turunkan, atau hanya meredam kemarahan?
True cost of lowering agents, or simply reduce anger?
是真正調低費用,還是調息憤怒

Berita penurunan biaya penempatan dari $21.000 menjadi $13.436 untuk buruh migran Indonesia
(BMI) di Hong Kong disambut gembira oleh semua kalangan BMI. Sudah pantas jika bergembira
karena ini adalah keinganan mereka selama berpuluh-puluh tahun. Dan selama itu pula pemerintah
tidak pernah menanggapinya secara serius. Untuk meredam kemarahan BMI yang terjerat dalam
lingkaran hutang dan perampasan upah, pemerintah berkalikali mengeluarkan kebijakan palsu atau
bisa dibilang pemerah bibir saja. Mengapa hanya pemerah bibir karena peraturan yang mengatur
penurunan biaya agen tidak pernah terimplementasikan dan lenyap ditelan waktu. Seperti pada
tahun 1999 SK No.B.603/1999 biaya agen ditetapkan Rp.17.845.000 prakteknya menjadi Rp 25
juta atau $21.000 karena ada penambahan biaya bunga. Di tahun 2004 dikeluarkan SK No.Kep
653/2004 biaya agen di turunkan menjadi Rp 9.132.000. Belum terjalankan peraturan tersebut
sudah keluar lagi Surat Keputusan SK No.186/2008 yang berisi biaya agen sebesar Rp 15.550.000
di tambah biaya pembinaan USD 15. Belum sempat dinikmati BMI karena mereka tetap di
pungut HK$ 21.000 dengan alasan banyak pihak PJTKI tidak menyetujui. Aneh tapi nyata, itulah
pemerintah Indonesia mereka lebih mempertimbangkan suara pemodal yang mencari keuntungan
lewat penjualan rakyatnya yang miskin daripada mendengar BMI selalu menggelar aksi karena
penindasan yang mereka rasakan.
News reduction in placement costs of $ 21,000 to $ 13,436 for Indonesian migrant workers (BMI)
Hong Kong welcomed by all circles BMI. It is appropriate that rejoice because this is keinganan
them for decades. And during that time also the government never took it seriously. To reduce
anger BMI are trapped in a circle of debt and deprivation wages, the government issued many
times policy arguably false or lip rouge. Why lipstick just because the rules a set of cost reduction
agent never implemented the and disappeared into time. As in In 1999 SK No.B.603/1999 agency
fees set Rp.17.845.000 practice to Rp 25 million or $21,000 due to the addition of interest expense.
in 2004 issued Decree No. Kep ​653/2004 on the agency fees down to Rp 9.132 million. yet
terjalankan these rules are out again Decree Decree No.186/2008 which contains the agent’s fee of
Rp15.55 million in added construction costs USD 15. not yet BMI had enjoyed since they remain
in the collection HK $ 21,000 by reason of many recruitment agencies are not agreed. Strange but
true, that the Indonesian government they consider sound financier looking for people who profit by
selling BMI is always poorer than hearing staged because of their perceived oppression.
理所當然地,各印尼移工圈子都歡迎,困擾她們多年的高昂派遣中介費,由21,000港元下
調至13,426港元的消息。這些年來,印尼政府不但沒有認真處理這個問題。反之,為調息
移工們陷於被扣薪剝削及債務之中的憤怒,多次作出決而不行的虛假承絡,或巧立名目
借題發揮的變本加厲的修訂。就如,1999年的B603號法例,聲稱為平衡利息開支而把原
為17,845,000印尼盾的中介費調高至25,000,000印尼盾(或21,000港元)。2004年的653號
法例,把中介費下調至9,132,000印尼盾。但至2008年的186號法例,卻又把費用上調至
15,550,000印尼盾。然而,這些修訂都從未落實。因派遣中介公司不同意而拒絕執行。不可
思議但真實的是,印尼政府以販賣人民來賺取經濟發展。而印尼移工則在壓迫之下,始終比
外間所以為她們可獲得的更加貧困。

Setelah 4 tahun membeku, akhirnya pemerintah kembali mengeluarkan peraturan baru. Beda nama
tapi sama secara esensi. Dibawah Mentri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar
dikeluarka surat Keputusan Mentri (Kepmen) No.98 bahwa biaya penempatan buruh migran sector

domestic (pekerja rumah tangga) di turunkan menjadi $13.436. Kepmen 98/2012 ini resmi berlaku
sejak di tanda tangani pada tanggal 24 Mei 2012. Artinya BMI yang berangkat pada tanggal 25 Mei
2012 hanya membayar potongan agen sebesar $13. 436 dan jika ada PJTKI yang memungut biaya
lebih dari itu akan ditindak pidana menurut peraturan baru yang tercantum di Kepmen 98/2012
ini. Ironisnya masih banyak ditemukan BMI yang di pungut biaya penempatan sebesar $21.000
bahkan ada yang dipungut $30.000 diambil melalui 10 bulan potongan gaji. Berdasarkan hasil
penemuan survey seminggu ATKI-HK mulai tanggal 9-12 Agustus, mengenai “ Adakah BMI yang
berangkat pada tanggal 25 Mei 2012 masih dipungut lebih dari $13.436?” di temukan yang masih
dipungut $21.000. Ada 28 orang berangkat bulan juni dan 2 orang di bulan Juli, bulan Agustus
ada 4 orang.Benarkah ini kabar gembira atau hanya cara halus pemerintah untuk memupuskan
perjuangan BMI? Hanya waktu yang bisa menjawab. Biaya yang mengada-ada dan berlipat ganda
di bebankan untuk BMI Di muka nampak pemerintah peduli terhadap buruh migran. Namun
bentuk ini kepedulian serta perlindungan ini hanya fatamorgana saja. Lewat Kepmen 98/2012 ini
overcharging ( pungutan biaya berlebih) dan menjadikan dobel overcharging. Mengapa demikian
karena pemerintah membebankan biaya penempatan ke majikan dan pembantu. Artinya kedua
belah pihak antara majikan dan BMI menjadi objek sekaligus korban pemunggutan biaya ganda ini.
Mari kita amati biaya apa saja yang di ada-adakan dan digandakan : jika diamati dari table rincian
biaya yang terlampir dalam Kepmen 98/2012 diatas bisa disimpulkan bahwa pemerintah tidak
menurun biaya tetapi melibat gandakan biaya. Majikan harus membayar biaya sebesar $ 11.179 jika
mengambil pembantu dari jawa apabila luar jawa biayanya sebesar $13.906. BMI masih dibebani
biaya sebesar $13.436 jadi total biaya yang dikeluarkan dari BMI dan majikan sebesar $ 24.615
untuk BMI dari Jawa dan $ 27.342 untuk BMI dari luar Jawa.
After 4 years of freezes, the government re-issued a new regulation. Different names but the same
in essence. Under the Ministry of Manpower and Transmigration, Muhaimin Iskandar dikeluarka
Minister Decree (Decree) 98 that the cost of the placement of migrant domestic sector (domestic
workers) in the lower being $ 13,436. Decree 98/2012 was officially signed into force on the date of
May 24, 2012. This means that BMI departed on May 25, 2012 only pay discounted dealer for $ 13.
436 and if there is a recruitment agency to charge more than it would be dealt with offenses under
the new rules set forth in Decree 98/2012 was. Ironically, many found that BMI placement fees
collected amounted to $ 21,000 and some have collected $ 30,000 was taken through 10 months of
salary deductions. Based on the survey findings-HK ATKI week starting on August 9 to 12, on “Is
there a BMI that departed on May 25, 2012 still collected more than $ 13,436?" Is found which is
still collected $ 21,000. There are 28 people left in June and 2 in July, August 4 orang.Benarkah
there is good news or just a subtle way to diminish the government’s struggle BMI? Only time
will tell. Costs were fabricated and multiply in charge for BMI In advance government appears
concerned about migrant workers. However, this form of care and protection it is only a mirage.
Through Decree 98/2012 was overcharging (excess of charge) and made double overcharging. Why
did so because the government imposes a cost to the employer and maid placement. This means that
both sides between the employer and the object and victim BMI pemunggutan this double charge.
Let us look at what costs there-forged and duplicated: if observed from the attached table details the
cost of the Decree 98/2012 above it can be concluded that the government did not decrease the cost
but cost double wrapped. Employers must pay a fee of $ 11,179 if you take helpers from outside
Java Java if the fee is $ 13,906. BMI was charged a fee of $ 13,436 so the total cost of the employer
for BMI and BMI from $ 24,615 to $ 27,342 for Java and outside Java BMI.
經過四年的凍結之後,印尼政府再頒佈了新瓶舊酒的新法例。人力資源及移動人口部部
長,於2012年5月24日頒佈98號法例,把印尼移工的中介費下調至13,426港元。亦即是,在
2012年5月25日或以後離境的移工,只需支付13,426港元的中介費。而任何超額收費的中介
公司應受2012年98號法例的條款所制裁。但香港印尼移工協會於8月9至10日進行的調查發
現,在2012年5月25日或以後離境的移工仍需支付21,000以至30,000港元的中介費,而非新法
例訂明的13,426港元。時間將會證明,這次的法例修訂究竟是好消息,還是只不過是平息印
尼移工抗爭的動作。新法例中,印尼政府看似關心及改善移工的處境。但實際上,其實是在

巧立名目,加倍收費。因為在新法例中,除了對移工收費外,亦增加了對僱主的收費。參照
文末詳列2012年98號法例所訂明的收費附表,可清楚看到,僱主聘用來自爪哇省的移工需支
付11,179港元的費用。而聘用來自爪哇省以外省的份的移工則更需支付13,906港元的費用。
另外,移工則被收取13,436港元費用。即是,僱主及移工加起來所需支付的費用為,爪哇省
的移工是24,615港元,爪哇省以外省的份的移工是27,342港元。

Biaya yang mengada-ada karena pemerintah memungut biaya yang tidak murah dengan alasan
yang tidak masuk akal seperti biaya tes psikologi dan tes kesehatan sebelum diproses keluar negri.
Hal ini sesuai dengan Peraturan presiden (Perpes) No. 64/2011 yang di tanda tangani presiden
SBY pada tanggal 20 September 2011 sebagai bentuk kepedulian SBY terhadap nasib BMI.
Penulis menilai ini bukan kepedulian tapi pelecehan terhadap BMI, mengapa ? mari kita ingat
kembali peristiwa yang menimpa BMI di tahun 2011. Tanggal 18 Juni 2011 pemerintah Arab Saudi
telah memancung BMI yang bernama Ruyati dan di bulan yang sama ditemukan 26 BMI yang
menunggu eksekusi hukuman mati dan sedikitnya ada 316 orang yang bermasalah dengan urusan
hukum disana. Menyusul kasus Ruyati dinegara penempatan lain juga banyak di temuka BMI
yang meninggal tanpa kabar. Saat itu dunia baik secara media maupun aktivis mengecam keras
kepempimpinan SBY dan di anggap gagal. Bulan berikutnya SBY mengeluarkan Perper No.64/
2011 dengan tujuan menyiapkan mental calon BMI di Negara penempatan. SBY tidak menilai akar
mengapa BMI sampai membunuh tetapi menilai kejiwaan mereka yang tidak normal. Pemerintah
juga membebankan biaya yang seharusnya ditanggungnnya ke BMI yaitu biaya uji kompetensi,
paspor dan biaya pelatihan.
The cost-fetched because the government does not charge a cheap for reasons that are not
reasonable costs such as psychological tests and medical tests before being processed out of the
country. This is consistent with Regulation president (Perpes) No.. 64/2011 which marks President
Susilo Bambang Yudhoyono signed on 20 September 2011 SBY amidst concerns about the fate of
BMI. The author is not a concern but the judge abused to BMI, why? let us recall events that befall
BMI in 2011. date June 18, 2011 the government of Saudi Arabia has beheaded BMI named Ruyati
and in the similarly found that BMI 26 await execution sentenced to death and at least 316 people
were trouble with the legal affairs there. follow case Ruyati country also many other placements
BMI Temuka who died without a word. At that world both in the media and activists criticized SBY
met to regroup hard and is considered failed. SBY issued next month Perper No.64/2011 in order
to mentally prepare candidates in the State BMI placement. SBY did not assess the roots of why
BMI to assess psychiatric kill but they are not normal. The government also imposes costs should
ditanggungnnya to BMI is competency test fee, passport and training costs.
法例當中部份新增收費項目亦並不合理,就如心理及健康測試的費用。這些測試之前本不
需要,而它們新增的依據就只是蘇西洛總統,聲稱為保障移工,於2011年9月4日所簽發的
2011年64號規定。但這規定並無回應移工所受的不公義判決。於2011年6月18日,沙地亞拉
伯把移工露意雅迪處以斬首死刑。另外,在當地仍有二十六位移正面對類似的判決,等待被
執行死刑。亦有三百一十六位移工正面對被起訴的困擾。之前更有過案,在缺乏關注下死
去。就此,蘇西洛更被傳媒及民間組織批評為無能。而蘇西洛的回應就是於次月簽發2011年
64號規定,更聲稱這規定是為調節移工心理狀態而設!反而不就根本問題作出研究及處理。
更有甚者,印尼政府亦無放過收取其他,如能力測試、護照及培訓費用的機會。

Cara halus menjerat BMI masuk agen dan menolak kontrak mandiri
How subtle snare BMI incoming agents independent and reject contracts
給新訂合約或中斷合約移工的陷阱

Ketika organisasi- organisasi BMI sedang memperjuangkan hak kontrak mandiri yang telah direbut
KJRI-HK sejak tahun 2010 dan pemerintah melempar balikan nasib BMI layaknya bola pimpong.
Namun kegigihan organisasi BMI memang patut diacungi jempol, mereka tidak kenal lelah dalam

memajukan BMI melalui pendidikan dan menggerakan mereka agar turut serta berperan aktif
merubah kondisi mereka dari cengkraman agen. Sayangnya pemerintah tidak membantu malah
membuntukan jalan BMI dengan mengeluarkan berbagai kebijakan. Seperti dalam Kepmen 98/
2012 ini, hanya BMI yang finish kontrak yang bebas dari biaya penempatan dan uji kompetensi.
Bagi yang tidak finish mereka harus membayar biaya seperti proses awal. Dan juga majikan wajib
membayar tiket pulang pergi diawal tanda tangan, artinya BMI akan lebih sulit lagi pindah agen
karena tiketnya ada di agen. Selain itu agen akan lebih semena- mena terhadap BMI, begitu pula
dengan majikan karena mereka sudah membayar mahal untuk bisa mempekerjakan pembantunya.
Sehingga akan banyak peluang terjadinya konspirasikonspirasi yang menyudutkan BMI dan
mengeksploitasi mereka. Menghadapi kondisi ini penting bagi BMI untuk saling menyatukan diri
dan aktif dalam perjuangan. Belajar dari catatan sejarah kondisi BMI tidak akan berubah lebih baik
tanpa ada perjuangan dari BMI itu sendiri, pemerintah hanya butuh memperkaya diri dan keluarga
mereka sendiri tanpa peduli nasib rakyat kecil.
When organizations BMI was fight for an independent contractual rights that have been Consulate-
HK seized since 2010 and the government throws the ball like feedback fate BMI pimpong. But
the persistence of his organization BMI indeed admirable, their tireless BMI in advancing through
education and motivate them to participate actively change their condition from the grip of an agent.
unfortunately the government does not help the fact membuntukan BMI by issuing the policy. As
in Decree 98/2012, only BMI finish the contract free of charge placement and test competence. For
those who do not finish they have to pay the initial cost of such a process. And also the employer
shall pay for a return ticket at the beginning autograph, meaning BMI will be more difficult to move
because the ticket agent there at the agency. Moreover agents would be arbitrary to BMI, as well
as the employer because they are already pay a premium to be able to hire assistants. So it will be
a lot of opportunities for discrediting konspirasikonspirasi BMI and exploit them. Faced with these
conditions is important for BMI to unite with each other and are active in the fight. Learning from
history BMI conditions will not be change for the better without any struggle of BMI’s alone, the
government only needs to enrich themselves and their families regardless of the fate of the little
people.
自駐港印尼領事館於2010年起,取消了印尼移工自行與僱主訂立合約的可能後,印尼移工組
織們就已不斷就此抗爭。但印尼政府及領事館就只把她們如人球般推來推去,互相推搪。
但印尼移工組織們的堅毅亦實在令人敬佩。她們努力不懈地為移工推行教育,更動員移工
們積極地參與到從中介公司的魔掌中解放出來,改變自身命運的抗爭之中。但印尼政府不但
沒提供任何協助,更頒佈了這個2012年90號法例!就這法例的規定,只有完成合約的移工,
才可無需再繳付中介派遣及各樣測試的費用。至於那些因故未能完成合約的移工,則需再一
次繳付全部費用。另當合約開始時,僱主已需繳付移工回程機票的費用,並存於中介公司的
要求,亦導致移工難以轉換中介公司。移工亦會因這種種安排更受制於中介公司的控制及剝
削。面對這重重困難,移工們結連共行,積極抗爭實在十分重要。歷史告訴我們,沒有抗
爭,印尼移工的狀況不會得到尹改善。政府官員從來只顧保障上層及他們家族的利益,而忽
視罔壬顧底層的人民福祉。

香港印尼領事館的相關法例通知:  20120724permennakertrans TKI HK

廣告

發表迴響

在下方填入你的資料或按右方圖示以社群網站登入:

WordPress.com Logo

您的留言將使用 WordPress.com 帳號。 登出 / 變更 )

Twitter picture

您的留言將使用 Twitter 帳號。 登出 / 變更 )

Facebook照片

您的留言將使用 Facebook 帳號。 登出 / 變更 )

Google+ photo

您的留言將使用 Google+ 帳號。 登出 / 變更 )

連結到 %s

%d 位部落客按了讚: